Cara mengembalikan Data pesan di android mudah

Bisa jadi kamu pernah tidak sengaja menghapus SMS penting di HP Android kamu. Saat itu terjadi, kamu pasti bingung dan berusaha mencari cara untuk memulihkannya kembali. Kamu mulai mencari cara entah dengan bertanya sana sini atau mencari artikel di internet.

Kabar buruknya adalah kamu tidak akan menemukan solusi tepat dari permasalahan ini tanpa persiapan sebelumnya. Mungkin kamu pernah mencoba aplikasi dari Mobikin, FonePaw Android Recovery, atau EaseUS MobiSaver. Bisa dipastikan kamu tidak akan bisa memulihkan pesanmu lagi. Kenapa?Nih, Jaka kasih tahu penyebabnya dan cara mengembalikannya. Simak terus ya ulasan Jaka!
Cara Mengembalikan Pesan yang Terhapus Dengan Mudah di Android
1. Kamu Membutuhkan Akses Root untuk Memulihkan Pesanmu
Proses Root yang ribet
Android menyembunyikan beberapa folder dan folder yang menyimpan pesanmu adalah salah satu yang disembunyikan. Untuk menampilkannya, kamu harus mempunyai akses root ke Android kamu. Tidak sulit untuk melakukan akses root ini, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Setelah bisa mendapatkan root akses, aplikasi apa pun membutuhkan beberapa langkah lagi untuk memulihkan pesanmu. Lebih buruk dari itu, data yang lain juga bisa ikut terhapus saat kamu melakukan akses root. Selain itu, kamu pasti malas untuk melakukan akses root karena selain ribet, juga keamanan Android-mu tidak terjamin.

2. Tidak Ada yang Gratis
Aplikasi recovery kebanyakan tidak gratis
Pesanmu mungkin sangat penting sehingga kamu tidak keberatan untuk melalukan akses root. Masalahnya adalah versi gratis beberapa aplikasi biasanya hanya sampai kepada menganalisis file apa saja yang terhapus. Untuk memulihkannya, kamu harus membayarnya dan rata-rata harganya tidak murah.
Kalau kamu mempunyai uang hal ini tentu tidak masalah. Hanya saja sebagian besar orang tidak rela mengeluarkan uang untuk hal seperti ini. Andaikan saja kamu bersedia membayar karena pesan itu sangat penting dan kamu yakin bahwa pesanmu bisa dipulihkan.

3. Penggunaan USB Mass Storage
USB Mass Storage
Kamu akan merasa tenang ketika aplikasi meminta menyambungkan Android kamu ke PC. Kamu mulai berpikir bahwa bisa mengembalikan pesan dengan aplikasi seperti Recuva yang ada di PC. Faktanya, cara ini pun bukan sebuah solusi.
Android sekarang ini tidak lagi menggunakan USB Mass Storage (UMS) sebagai sarana untuk menghubungkan Android ke PC. Android sekarang menggunakan Media Transfer Protocol (MTP) atau Picture Transfer Protocol (PTP). Kalaupun androidmu masih menggunakan UMS, kamu tidak akan bisa menggunakan Android kamu saat kamu mencari filemu lewat PC. Parahnya lagi, kamu bisa saja merusak sistem dalam Android.

Karena itu, permintaan menggunakan UMS tidak akan bisa dituruti. Kalau kamu menggunakan MTP dan PTP, PC-mu tidak akan bisa mengakses. Mungkin kamu berpikir untuk mengakses SD Card yang ada pada Android. Sayangnya, folder pesan itu tidak disimpan dalam SD Card. Pada akhirnya, kamu pun gagal memulihkan pesanmu lewat aplikasi yang sudah kamu bayar.

Cara Mudah Mengembalikan SMS yang Terhapus Tanpa Ribet, Syarat Berlaku!
Kabar buruknya sudah cukup, guys. Kabar baiknya adalah kamu bisa memulihkan pesan dengan mudah. Caranya adalah kamu harus terlebih dahulu menginstal aplikasi untuk mem-back up pesanmu. Yang paling direkomendasikan adalah aplikasi SMS Backup & Restore. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak terlalu membebani Android kamu.

Jadi, yuk segera back up pesan SMS kamu sebelum terlambat, karena mengembalikan pesan yang sudah terhapus membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Oleh karena itu, kamu harus segera mengikuti cara ini jika ingin aman di kemudian hari.

Dikutip dari situs makeusof.com, berikut adalah langkah-langkah untuk membackup SMS-mu:

SMS Backup & Restore
1. Setelah selesai menginstal aplikasi ini, berikanlah izin untuk mengakses informasi dalam Android. Pilihlah menu Set up Backup di halaman utama.

2. Pilih apa saja yang ingin kamu back up. Kamu bisa memilih untuk mem-back up aktivitas teleponmu jika mau. MMS dan emoji juga bisa kamu back up di Advance Options.

3. Tentukanlah di mana kamu mau menyimpan file back up itu. Jangan sampai kamu menyimpannya ke dalam Android. Kalau hilang, kamu tidak akan bisa memulihkannya dengan cara apa pun. Simpan saja ke Google Drive atau Dropbox.

4. Pilihlah seberapa sering pesanmu akan di-back up. Normalnya kamu pilih Daily tetapi untuk perlindungan ekstra kamu bisa pilih Hourly.

5. Tap pada pilihan Back up now dan SMS-mu pun aman. Untuk mengecek proses back up berjalan atau tidak, kamu bisa memilih view back up dan untuk memulihkan pesan kamu tinggal pilih restore.

Mudah sekali kan guys cara memulihkan SMS kalau tidak sengaja terhapus? Yang penting adalah kamu harus segera back up pesan SMS secara berkala agar proses memulihkan pesan bisa dilakukan dengan mudah. Nah, selamat mencoba guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *